- Sekilas tentang prodi
Program Studi Pendidikan Biologi di Fakultas Ilmu Terapan dan Sains, Institut Pendidikan Indonesia Garut, berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul, berdaya saing, serta mampu menjawab tantangan era globalisasi dan revolusi digital. Tantangan ini meliputi perubahan cepat dalam bidang pendidikan, teknologi, dan sains yang mempengaruhi seluruh aspek kegiatan akademik, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Sebagai salah satu program studi yang berorientasi pada pengembangan kompetensi di bidang biologi pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi berupaya menciptakan iklim akademik yang adaptif dan inovatif untuk mencapai visi menjadi program studi yang terkemuka di tingkat nasional maupun internasional.
- Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Biologi Mengembangkan keilmuan pendidikan biologi yang bermutu dan berdaya saing dalam bidang desain pembelajaran inovatif dan biologi terapan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan di Asia Tenggara pada Tahun 2042.
- Misi Program Studi Pendidikan Biologi Untuk mencapai visi tersebut, misi yang akan dijalankan oleh Program Studi Pendidikan Biologi pada periode 2023-2027 adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan biologi yang berkualitas, berbasis teknologi, dan relevan dengan perkembangan sains modern untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing di Asia Tenggara.
- Mengembangkan penelitian inovatif di bidang pendidikan biologi yang berkontribusi pada pengembangan ilmu dan teknologi pendidikan, serta berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian untuk memecahkan masalah-masalah di masyarakat secara tepat, sesuai dengan kearifan lokal dan kebutuhan regional.
- Membangun kerjasama strategis dengan berbagai lembaga dan instansi baik nasional maupun internasional guna meningkatkan kualitas dan relevansi program studi dalam bidang pendidikan biologi.
- Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi :
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang pendidikan biologi, memiliki keterampilan abad ke-21, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan pasar kerja regional.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional dan internasional, serta berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran biologi.
- Mengoptimalkan peran program studi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu dan teknologi pendidikan biologi yang tepat guna.
- Mencapai reputasi sebagai program studi yang unggul dan berdaya saing dengan memperkuat jejaring kerjasama di tingkat nasional dan Asia Tenggara
2. Keunggulan program studi
No | Kekuatan (strength) | |||||||
1. | Status akreditasi yang telah mencapai peringkat B menjadi nilai lebih yang meningkatkan kepercayaan publik. | |||||||
2. | Dosen memiliki kompetensi yang baik, dengan 58,33% dosen bergelar magister dan 41,67% doktor, serta 66,67% dosen memiliki sertifikat pendidik, pengalaman di bidang pendidikan dan penelitian. | |||||||
3. | Kurikulum telah dirancang sesuai dengan standar KKNI dan kebutuhan pasar kerja, mendukung lulusan agar kompetitif dan relevan dengan perkembangan sains dan teknologi. | |||||||
4 | Program studi memiliki laboratorium yang memadai serta fasilitas e- learning dan jaringan internet yang mendukung proses pembelajaran modern | |||||||
5. | Program studi telah menerapkan SPMI yang mendukung pemantauan dan peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan | |||||||
6. | Program studi telah menjalin kerjasama dengan institusi lain untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. | |||||||
7. | Pelibatan mahasiswa dalam penelitian payung dalam penyelesaian tugas akhir studi. | |||||||
8 | Tenaga pendidik dan kependidikan memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan pelayanan yang baik kepada mahasiswa, alumni dan masyarakat | |||||||
9 | Rasio dosen terhadap mahasiswa sudah memadai | |||||||
10. | Tersedia sistem kependidikan | monitoring | dan | audit | kinerja | dosen | dan | tenaga |
11 | Memiliki model peningkatan semangat dan etos kerja melalui kegiatan kerohanian /spiritual | |||||||
12 | Anggaran pelaksanaan pendidikan dibuat dalam RKAT institusi | |||||||
13 | Dana anggaran program studi dipenuhi oleh institusi melalui mekanisme yang telah ditetapkan | |||||||
14 | Penyelenggaraan manajemen keuangan Prodi Pendidikan Biologi FITS mengacu kepada sistem keuangan IPI. | |||||||
15 | Ruang perkuliahan terpenuhi sesuai dengan penyebaran jadwal perkuliahan | |||||||
16 | Memiliki laboratorium untuk penunjang perkuliahan | |||||||
17 | Memiliki fasilitas penunjang listrik, air, jaringan telepon dan internet, serta buangan limbah yang memadai. | |||||||
18 | Memiliki Interkoneksi akses data (jaringan intra dan internet di laboratorium). | |||||||
19 | Memiliki Inventarisasi dan dokumentasi bahan kimia dan peralatan laboratorium. | |||||||
20 | Memiliki peralatan laboratorium untuk standar riset. | |||||||
21 | Memiliki laboratorium micro teaching. |
Unggulan
- Unggulan dalam bidang pendidikan Unggulan dalam bidang pendidikan di FITS IPI Garut antara lain:
- Prodi pendidikan biologi menerima visiting scholar/professor dari PT lain di antaranya Prof. Dr. Riandi, M.Si (Kaprodi Magister Pendidikan Biologi UPI) dan Prof.Dr. Phill Ari Widodo M.Ed. (UPI)
- Mahasiswa prodi Pendidikan biologi berpartisipasi dalam pertukaran pelajar internasional di Thailand di antaranya Andri Nur Rahmat (Pendidikan Biologi)
- Aktif mengikuti kegiatan MBKM Kemdikbudristek, seperti: Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang Bersertifikasi, Studi Independen, dan Pejuang Muda (Kemensos).
- Unggulan dalam bidang penelitian Unggulan dalam bidang penelitian yang ada di FITS IPI Garut, antara lain:
- Aktif mendapatkan hibah eksternal dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbudristek sebanyak 19 proposal dalam tiga tahun terakhir baik skema penelitian dosen pemula, penelitian kerja sama dalam negeri, (PKDN) penelitian fundamental reguler maupun program kolaborasi penelitian strategis (KATALIS).
- Adanya pemerolehan pendanaan riset internaloleh dosen di lingkunganFITS setiap tahun yang menghasilkan luaran berupa publikasi di jurnal nasional dan internasional.
- Unggulan dalam bidang PkM Unggulan di bidang pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh FITS IPI Garut, antara lain
- Kegiatan rutin PKM yang didanai internal Lembaga.
- Pemerolehan Hibah eksternal dari institusi dalam negeri seperti dana CSR Bank BNI dan luar negeri seperti Grant IPG KIK setiap tahunnya.
- Adanya pemerolehan pendanaan PKM internal oleh dosen Prodi Pendidikan biologi yang menghasilkan luaran berupa produk/ jasa yang didayagunakan oleh masyarakat.
- Unggulan dalam bidang publikasi
Unggulan dalam bidang publikasi dapat terlihat melalui karya dosen di Prodi Pendidikan Biologi FITS yang telah aktif menulis di Jurnal terindeks Scopus bereputasi (top tier
journal) seperti jurnal International Journal of Science Education dan Science & Education.
Selain itu sebagian besar dosen juga telah mempublikasikan karya ilmiahnya di Jurnal yang terindeks Scopus, Sinta, Google Schoolar, dan Publon. e. Unggulan dalam bidang
pengembangan kelembagaan Program Studi di FITS IPI Garut mendapat pengakuan dari BAN-PT maupun LAMDIK yaitu 1 program studi telah memperoleh Akreditasi unggul, 1
program studi memperoleh akreditasi Baik sekali, 1 program studi memperoleh akreditasi B dan 2 program studi memperoleh akreditasi Baik.
3. Prospek karir program studi
- Guru ASN/Swasta Biologi di jenjang SMA/MA/SMK
- Guru ASN/Swasta IPA di jenjang SMP/MTs
- Peneliti di bidang Biologi/Pendidikan
- Laboran
- Wirausaha di bidang biologi/pendidikan
- Praktisi di bidang pendidikan biologi/Konten digital
4. Link sosial media prodi Akun Instagram
Uname: biologi.ipigarut
Akun Facebook
Uname: https://www.facebook.com/profile.php?id=100089814841356
- CPL
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
P1 | Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi Biologi untuk pendidikan SMA/MA dan menengah, SMP/MTs memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi, media dan pembelajarannya untuk digunakan dalam pendidikanBiologi. Berjiwa Pancasila, memiliki jiwa kepemimpinan, sehingga menjadi calon guru profesional. | KK1 | Mampu mengaplikasikan teori pendidikan/ paedagogis di bidang pendidikan biologi |
P2 | Mengkaji permasalahan pendidikan Biologi dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan mempunyai kemampuan Biologi dan penguasaan teknologi informatika, serta mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan Biologi maupun cabang perluasan Ilmu Biologi lainnya. | KK2 | Mampu memanfaatkan teknologi Pendidikan di bidang pendidikan biologi |
P3 | Mengkaji permasalahan pendidikan Biologi dan Berusaha sendiri maupun bekerja bersama orang lain untuk menghasilkan produk-produk bioteknologi, media pembelajaran Biologi, program pengajaran/ kursus Biologi di bidang budidaya pertanian . | KK3 | Mampu mengaplikasikan teori pendidikan/ paedagogis dan memanfaatkan teknologi Pendidikan dalam permaslahan di bidang Biologi dan mempublikasikannya dalam forum ilmiah dan mampu berkolaborasi dalam tim, memanfaatkan bioteknogi dan mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik dalam bidang pendidikan biologi maupun cabang perluasan ilmu biologi lainnya. |
P4 | Mahasiswa mampu menerapkan prinsip biologi di berbagai konteks dan memiliki jiwa kewirausahaan dengan mengoptimalkan teknologi pendidikan. | KK4 | Mampu mengaplikasikan teori pendidikan/ paedagogis dan memanfaatkan teknologi dalam bidang budi daya pertanian dan bioteknologi, mendesain produk, serta mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. |
P5 | Menguasai teori, konsep, prinsip dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajarannya di sekolah | KK5 | Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berfikir ilmiah minimal sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah |